Selamat datang di



blog saya. Ini adalah



sekedar



menyalurkan hobi



saya untuk menulis

Selasa, 11 Januari 2011

MENGAPA KITA TIDAK BOLEH KETERLALUAN DALAM HAL MAKANAN DAGING?

”Hanya kalau kita cerdas menanggapi prinsip2 hidup sehat, kita dapat melihat sepenuhnya segala kejahatan akibat makanan yg tidak seimbang.  Setelah melihat kesalahannya, mereka yg berani mengubah kebiasaan akan mendapati bahwa proses reformasi memerlukan satu pergumulan dan kesabaran.”  Petunjuk Diet, 26,132.
            ”Keadaan tidak dapat membuat reformasi.  Kekristenan menawarkan satu reformasi di dalam hati.  Yang dikerjakan Kristus di dalam hati akan dikerjakan dibawah perintah intelek seseorang yg sudah bertobat.  Rencana yg dimulai dari luar kemudian mengerjakannya ke dalam, ini biasanya gagal.  Rencana Allah bagimu ialah memulainya di dalam hati sekalipun sukar, kemudian dari dalam hati akan mengalir prinsip2 kebenaran, karena reformasi nampak di luar sebagaimana di dalam.”  Petunjuk Diet, 38.
            ”Reformasi kesehatan erat hubungannya dengan pekerjaan malaikat ketiga namun itu bukanlah pekabaran.  Para pengkhotbah harus mengajarkan reformasi kesehatan, namun mereka seharusnya tidak membuat tema ini menggantikan pekabaran itu...kita harus memegang teguh setiap reformasi namun hindarkan kesan bahwa kita meragukannya atau bersifat fanatik.”  Petunjuk Diet, 79.
            ”Tetapi Dia (Yesus) hanya menyediakan sesuatu yg hanya mencukupkan kebutuhan mereka yaitu makanan sehari-hari dari para nelayan di danau itu.”  Petunjuk Diet, 92.
            ”Kristus memberi makan orang banyak dengan satu mujizat kuasa Ilahi.  Namun betapa sederhana makanan itu disediakan yaitu hanya roti dan ikan yg menjadi makanan nelayan di Galilea.”  Petunjuk Diet, 96.
            ”Di atas segalanya para reformator kesehatan harus berhati-hati terhadap keterlaluan.”  Petunjuk Diet, 96.
            ”Makanan yg kekurangan unsur yg menyehatkan akan membawa kecelaan kepada pekerjaan reformasi kesehatan.”  Petunjuk Diet, 98.
            ”Kita tidak membuat satu garis tertentu sebagai aturan makanan; tetapi kita mengatakan bahwa di daerah yg banyak terdapat buah2an, biji2an dan kacang2an, maka makanan daging bukanlah makanan bagi umat Allah.”  Petunjuk Diet, 101,435.
            ”Bilamana orang yg memajukan reformasi kesehatan membawakannya secara keterlaluan, janganlah persalahkan orang lain kalau mereka tidak disenangi.  Seringkali iman keagamaan kita dipermalukan dengan cara demikian dan dalam banyak kasus, mereka yg menyaksikan pendirian yg tidak tegas itu kemudian akan berpikir bahwa tidak ada sesuatu yg baik dalam usaha reformasi ini.  Orang2 yg keterlaluan seperti ini dalam beberapa bulan akan mendatangkan bahaya yg tidak dapat dihapus seumur hidup.  Mereka terlibat dalam satu pekerjaan yg disenangi oleh setan.”  Petunjuk Diet, 206.
            ”Mereka yg memahami hanya sebagian dari prinsip reformasi seringkali menjadi orang yg paling kaku, bukan hanya menonjolkan pendapat mereka sendiri, tetapi memaksakannya kepada keluarga dan para tetangga.  Pengaruh reformasi mereka yg salah, sebagaimana terlihat dalam kesehatan mereka yg menurun dan dalam usaha mereka untuk memaksakan pandangan mereka kepada orang lain, itu semuanya memberikan ide yg salah tentang reformasi makanan.”  Petunjuk Diet, 208.
            ”Sementara saya meninggalkan makanan daging yg membahayakan, ada bahan lain yg tidak terlalu ditentang, yaitu telur yg dapat digunakan.  Janganlah membuang susu dari meja makan, dan melarang penggunaannya sebagai campuran makanan.”  Petunjuk Diet, 214.
            ”Saya mendapat terang bahwa pasien boleh mendapat makanan daging kalau mereka mendesak supaya itu diberikan kepada mereka...jikalau setelah mengetahui yg makanan daging tidak disajikan di ruang makan, sebagian pasien masih ingin makanan daging, dengan gembira sajikanlah makanan daging itu di kamar mereka.”  Petunjuk Diet 308,309.
            ”Janganlah membuat resep yg makanan daging tidak akan pernah digunakan...janganlah menganjurkan supaya diadakan perubahan drastis, khususnya bagi mereka yg dibebani dengan kerja terus-menerus.  Biarlah hati nurani itu dididik, kemauan digiatkan, dan perubahan dapat dilakukan dengan mudah dan dengan senang hati.”  
            ”Orang yg menderita penyakit paru2 yg sedang menuju kuburan tidak perlu mengadakan perubahan khusus dalam hal ini tetapi berhati-hatilah pilih daging hewan yg sehat yg dapat diperoleh.  Orang2 yg terserang tumor yg menggerogoti hidup mereka, mereka tidak perlu lagi dibebani dengan persoalan apakah mereka harus meninggalkan makanan daging atau tidak.”
            ”Berhati-hatilah jangan membuat keputusan yg tidak bijaksana dalam hal ini.  Perubahan yg dipaksakan tidak akan menolong masaalah itu, tetapi akan merusak prinsip tidak makan daging.  Janganlah memaksa siapapun, karena reformasi yg dilakukan secara paksa itu tidak bermanfaat.”  Petunjuk Diet, 310,311.
            ”Jikalau engkau meninggalkan makanan daging, penggantinya haruslah terdiri dari berjenis-jenis biji2an, sayuran dan buah2an, yang menarik selera dan menyehatkan...makanan daging harus diganti dengan makanan yg menyehatkan yg harganya tidak mahal.”  Petunjuk Diet, 336.
            ”...sebagian dari orang2 ini mengaku diri sebagai reformator kesehatan.  Sebenarnya mereka tidak.  Mereka tidak tahu memasak.  Mereka menyediakan kue, kentang dan roti jelai, tetapi caranya yg itu2 juga, jarang ada variasi, dan tubuhpun tidak dikuatkan.”  Petunjuk Diet, 339.
            ”Berdasarkan terang yg diberikan kepadaku, gula yg digunakan secara berlebihan lebih merusak daripada makanan daging.”  Petunjuk Diet, 352.
            ”Sekiranya kita mengetahui yg binatang itu berada dalam kondisi sehat, saya mau menganjurkan supaya orang2 memakan dagingnya lebih baik daripada susu dan gula yg banyak.”  Petunjuk Diet, 355.
            ”Lebih baik saya memakan daging daripada makan kue manis dan pastry seperti itu yg biasanya dimakan orang.”  Petunjuk Diet, 359.
            ”Dibanyak tempat ikan itu begitu tercemar oleh makanan kotor sehingga menjadi penyebab penyakit.  Ini terjadi dalam kasus tertentu dimana ikan hidup di muara saluran buangan kota besar.  Ikan yg telah tercemar dengan isi buangan akan berenang ke lepas pantai dan tertangkap sewaktu berada dalam air bersih dan segar.  Lalu, kalau ini digunakan sebagai bahan makanan, ikan itu membawa penyakit dan kematian bagi mereka yg tidak menyangka adanya bahaya.”  Petunjuk Diet, 423.
            ”Dalam kasus penyakit tertentu atau kehabisan tenaga mungkin juga diperlukan makanan daging, tetapi berhati-hatilah untuk mencari daging binatang sehat...apabila saya tidak dapat memperoleh makanan yg saya perlukan, kadang2 saya memakan sedikit daging, tetapi saya semakin takut akan hal itu.”  Petunjuk Diet, 423,424.
            ”Makanan daging bukanlah makanan sehat, namun saya tidak akan memegang pendirian bahwa makanan daging harus ditinggalkan oleh semua orang.    Mereka yg mempunyai alat pencernaan yg lemah dapat menggunakan daging apabila mereka tidak dapat memakan sayuran, buah2an atau bubur.”  Petunjuk Diet, 424.
            ”Apabila engkau meninggalkan makanan daging, sediakanlah penggantinya seperti berjenis-jenis biji2an, kacang2an, sayuran dan buah2an yg enak dan menyehatkan.  Ini teristimewa penting bagi mereka yg merasa lemas, atau mereka yg bekerja membanting tulang terus-menerus.  Di beberapa negeri yg miskin, makanan daging adalah makanan yg paling murah.  Dalam keadaan seperti ini, perubahan itu sulit diadakan, tetapi dapat dilakukan.” 
            ”Namun kita harus memperhatikan situasi penduduk dan kebiasaan mereka.  Berhati-hatilah jangan memaksakan pemikiran yg benar sebelum waktunya.  Tidak ada orang yg harus dianjurkan supaya mengadakan perubahan drastis.  Makanan daging harus digantikan dengan makanan sehat yg tidak mahal.  Hal ini banyak bergantung kepada juru masak.”
            ”Dengan ketrampilan dan ketelitian, makanan harus disediakan supaya bergizi dan menarik selera dan sedapat mungkin sanggup menggantikan makanan daging.  Dalam segala hal, didiklah hati nuranimu, latih kemauanmu dan lengkapilah makanan sehat.  Kemudian barulah engkau bersedia mengadakan perubahan karena sudah dimatikan keinginan akan makanan daging.”  Petunjuk Diet, 427,428.
            ”Karena kita tidak membuat makanan daging sebagai suatu ujian (tolok ukur), walaupun kita tidak mau memaksa siapapun untuk meninggalkannya, namun tugas kita ialah supaya tidak ada pendeta di daerah atau uni yg menentang atau menganggap sepele pekabaran reformasi dalam hal ini.” 
            ”Dalam terang Allah yg dipancarkan tentang pengaruh makanan daging bagi tubuh, jikalau engkau masih tetap mau memakannya, bersedialah menanggung resikonya.  Tetapi janganlah memegang satu pendirian dihadapan jemaat yg tidak perlu mengadakan reformasi mengenai makanan daging.  Janganlah mereka menarik kesimpulan ini dari sikap anda, karena Tuhanlah yg memanggil untuk mengadakan reformasi.”  Petunjuk Diet, 431.
            ”Kita tidak membuat penggunaan daging sebagai satu ujian persekutuan.”  Petunjuk Diet, 435.
            ”Engkau mungkin bertanya: maukah engkau meninggalkan makanan daging seluruhnya?  Saya jawab: akhirnya saya tiba pada titik ini, tetapi kami belum bersedia mengambil langkah ini sekarang.  Makanan daging akhirnya akan ditinggalkan.  Daging binatang tidak lagi sebagian dari makanan kita...gunakanlah makanan daging semakin sedikit sampai tidak lagi menggunakannya sama sekali.”  Petunjuk Diet, 438.
            ”...ini memerlukan kecakapan tinggi dalam penyediaan makanan yg menyehatkan.  Diperlukan kerja yg lebih keras, tetapi namun demikian, pekerjaan itu dilakukan secara bertahap.  Gunakanlah sedikit daging.”  Petunjuk Diet, 439.
            ”Bertahun-tahun yg lalu saya mendapat terang supaya kita tidak berpendirian secara positif menghilangkan daging sama sekali, karena dalam beberapa hal, itu lebih baik daripada sebagian makanan cuci mulut dan makanan yg manis2.”  Petunjuk Diet, 442.
            ”Sementara engkau berusaha menarik orang lain memasuki lingkaran kasih-Nya, biarlah kelembutan tutur bahasamu, kedermawanan pelayananmu, sikapmu yg ramah menyaksikan kuasa keramahan-Nya.  Perkenalkanlah Dia kepada dunia ini secara murni dan benar...sedikit saja hasilnya apabila mencoba membetulkan orang lain dengan menyerang kebiasaan mereka yg salah menurut pandangan kita.  Usaha seperti itu lebih sering membawa bahaya daripada kebaikan.”  Petunjuk Diet, 493.
            ”Dari semua manusia di dunia ini, para reformator seharusnya menjadi orang yg paling dermawan, paling baik, paling sopan.  Dalam hidup mereka, perbuatan sejati, perbuatan kemurahan haruslah dapat dilihat orang lain.  Pekerja yg menunjukkan sikap kurang sopan, yg menunjukkan kekurangsabaran melihat kebodohan dan kejanggalan orang lain, yg berbicara cepat, atau bertindak sembrono, akan menutup pintu hati orang, dan dia tidak dapat menjangkaunya lagi.”  Petunjuk Diet, 493.
            ”Kita harus memperhatikan situasi masyarakat, pengaruh kebiasaan dan praktek seumur hidup, dan kita harus hati2 jangan memaksakan pendapat kita kepada orang lain, seakan-akan masalah ini jadi batu ujian dan mereka yg masih memakan makanan daging adalah orang berdosa paling besar...sewaktu duduk di meja makan dimana disajikan makanan daging, janganlah kita menyerang orang yg masih memakannya, tetapi kita sendiri jangan memakannya.  Kalau ditanya apa dasar kita untuk berbuat hal itu, dengan lemah lembut kita harus menerangkan sebabnya.”  Petunjuk Diet, 496.
            ”Saya tidak pernah merasa bertugas mengatakan bahwa tidak seorangpun harus makan daging dalam situasi apapun.  Kalau hal ini dikatakan kepada orang yg sudah terdidik hidup dengan makanan daging sampai batas tertentu, ini akan mempersalahkannya sebagai sesuatu yg keterlaluan.  Saya tidak pernah merasa yg itu adalah tugas saya, yaitu mengeluarkan kata2 yg bersifat membasmi.  Apa yg saya katakan, saya katakan dibawah perasaan tanggung jawab, tetapi saya membatasi kata2 saya, karena saya tidak mau memberi kesempatan kepada siapapun menjadi tolok ukur bagi orang lain...saya telah melewati satu pengalaman di negeri ini yg sama dengan pengalaman saya di ladang baru di Amerika.  Saya telah melihat beberapa keluarga yg keadaan tidak mengizinkan mereka untuk mengisi meja makan dengan makanan sehat.  Tetangga yg tidak percaya mengirim kepada mereka daging binatang yg baru disembelih.  Mereka membuat sup daging, dan menyajikan keluarga besar dengan anak2 yg banyak itu memakan roti dan sup.  Bukanlah tugas saya, bukan pula tugas siapa saja untuk memberikan ceramah kepada orang ini betapa jahatnya memakan daging.  Saya benar2 merasa prihatin melihat keluarga yg baru menerima iman kita, yg tertekan oleh kemiskinan, sehingga mereka tidak tahu darimana nanti datangnya makanan mereka yg berikut.”  Petunjuk Diet, 497.
            ”Janganlah memegang pemikiran tersendiri dan membuatnya jadi patokan, lalu mengeritik orang lain karena prakteknya tidak sama dengan pemikiranmu.  Tetapi pelajarilah secara meluas dan mendalam...jikalau kita benar2 mengoreksi orang lain, kalau kita juga membangkitkan roh perlawanan mereka, maka lebih banyak bahayanya daripada yg baik.  Ada juga bahaya yg mengancam si penasihat.  Dia yg hanya bermaksud mengoreksi orang lain, nampaknya dia membangun suatu kebiasaan mencari kesalahan.  Akhirnya keinginannya hanyalah mencari kesalahan dan mengorek kekurangan...ada sesuatu yg lebih baik dibicarakan daripada kesalahan dan kelemahan orang lain.  Bicarakan dari hal Allah dan pekerjaan-Nya yg ajaib itu.”  Petunjuk Diet, 498.
            ”Allah menginginkan setiap pendeta, setiap dokter, setiap anggota jemaat, supaya jangan mendesak orang yg tidak mengenal iman kita untuk mengadakan perubahan tiba2 dalam hal makanan, sehingga menempatkan mereka dibawah satu ujian yg belum matang...kita tidak bergerak dengan nada sombong.  Para pekerja yg memasuki wilayah baru untuk membangun gereja, janganlah menimbulkan kesulitan dan mencoba menonjolkan masalah makanan.  Mereka harus berhati-hati jangan menarik garis itu terlalu dekat...para pekerja harus berusaha dengan tekun dan dengan sabar sambil mengingat bahwa segala sesuatu tidak dapat dipelajari dalam satu waktu.”  Petunjuk Diet, 499,500.
            ”Sekarang inilah aliran yg kita ikuti.  Kita tidak mengatakan kepada orang: engkau jangan memakan daging walaupun kita sendiri tidak menggunakan makanan daging.”  Petunjuk Diet, 500.
            ”Janganlah kita bergerak lebih cepat daripada orang2 yg bersama-sama dengan kita...usaha memperoleh reformasi itu bergerak bertahap...dalam reformasi, lebih baik kita tiba satu langkah sebelum mencapai garis daripada satu langkah melampaui garis.  Dan jikalau ada kesalahan sama sekali, biarlah kita memihak kepada orang banyak.”  Petunjuk Diet, 502.
            ”James White: ”Ny.White telah berbicara mengenai masalah kesehatan dalam satu cara yg memberikan kepuasan penuh.  Tegurannya jelas dan berkuasa, namun bijaksana, agar dia dapat mengendalikan perasaan seluruh hadirin yg bersamanya.  Dalam hal ini dia selalu menghindarkan sikap keterlaluan...hampir tidak terhitung banyaknya bahaya yg menyusahkan pekerjaan kebenaran zaman ini oleh tindakan sembrono dari mereka yg memperkenalkan pelajaran reformasi kesehatan pada tempat dan waktu yg tidak tepat dan dengan cara yg salah.”  Petunjuk Diet, 529.
            ”Saya menasihatkan setiap penjual buku pemelihara sabat untuk menghindari makanan daging, bukan karena itu dianggap sebagai dosa untuk makan daging, tetapi karena itu tidak sehat.”  Ms.15, 1889 (”Counsels to our Colporteurs Regarding Carefulness in Diet,” circa 1889).
            “Namun saya tidak akan mengambil posisi bahwa daging harus dibuang oleh setiap orang.”  Spm 81.1
            “Dua tahun yg lalu saya mengambil keputusan bahwa ada bahaya dalam penggunaan daging binatang mati, dan sejak saat itu saya tidak menggunakan daging sama sekali.  Itu tidak pernah ditaruh di meja saya.  Saya menggunakan ikan ketika saya bisa mendapatkannya.  Kami bisa mendapatkan ikan yg indah dari danau Saltwater di dekat sini...saya mengatakan hal2 ini kepadamu sebagaimana adanya.”  14 MR 330.2, letter 128, 1896.
            “Adalah bertentangan dengan reformasi kesehatan, setelah meninggalkan bagian yg besar dari hampir semua makanan, untuk menjadi ekstrim, menurunkan jumlah dan kualitas makanan kepada standar yg rendah.  Gantinya pembaharuan kesehatan (Health Reform), ini menjadi penghancurleburan kesehatan (Health Deform).”  CD 213.
            “Saya mempunyai sesuatu untuk dikatakan sehubungan dengan pandangan yg ekstrim dari reformasi kesehatan.  Reformasi kesehatan (Health Reform) menjadi penghancurleburan kesehatan (Health Deform), sebuah perusak kesehatan, ketika itu dibawakan secara ekstrim.”  Letter 37, 1901.
            “Engkau tidak perlu pergi ke dalam air, atau ke dalam api, tetapi ambillah langkah tengah, hindari semua yg ekstrim.  Janganlah kelihatan bahwa engkau berpandangan sempit, pengelola yg tidak seimbang.”  CD 211.4.
            Pertarakan adalah bagian dari pekabaran Advent untuk mengembalikan umat Allah dari berhala, kerakusan, keterlaluan dalam berpakaian (3 T 62), pekerjaan (2 T 68), makanan, minuman, tidur (6 T 375) dan hiburan (4 T 652), untuk memperoleh kesucian pikiran, hati dan perbuatan (CTBH 145).
            “Apa tujuan pertarakan?  Penguasaan diri dalam segala hal adalah penting untuk kesehatan dan pengembangan tabiat Kristen yg baik.”  Health Reformer, 1-8-1886.

1 komentar:

  1. Coin Casino Review 2021 | 100% Up To €1000 + 200 FS
    Read our review of the coin casino, including bonuses, banking methods, หาเงินออนไลน์ and all other aspects that matter 인카지노 to 온카지노 you. Play casino games for free today!

    BalasHapus